Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Saat Tidur?

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada tubuh ketika Anda tidur? Saat itu Anda tidak melakukan aktivitas apapun.

Menurut ASAPScience, tubuh Anda menciptakan energi sekitar 25 persen untuk otak. Saat istirahat, otak tetap bekerja, dan ketika Anda tidur, tubuh Anda tetap bekerja menciptakan energi untuk otak. Akan tetapi, jangan senang dulu, meskipun Anda sudah makan, ternyata otak merupakan organ tubuh yang pemilih soal makanan.


Tubuh memerlukan glukosa untuk menciptakan energi dan otak merupakan organ yang paling banyak membutuhkan glukosa untuk membangun kinerjanya. Kalau Anda merasa bahwa setiap hari kurang makan makanan yang mengandung glukosa, inilah jawaban yang paling tepat mengapa kinerja otak Anda terganggu. Tidak mudah mengingat sesuatu dan gampang lupa merupakan pertanda, saat Anda tidur, tubuh tidak dapat memproses energi yang diperlukan otak untuk meregenerasi sistem kerjanya.

Batasi Konsumsi Gula 

Glukosa merupakan gula sederhana yang berfungsi sebagai sumber utama energi di dalam tubuh terutama bagian otak. Glukosa adalah gula utama yang dibuat tubuh dengan memanfaatkan protein, lemak, dan karbohidrat. Glukosa dihantarkan ke setiap sel melalui aliran darah. Dengan bantuan insulin, glukosa bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang rusak setelah aktivitas seharian.

Banyak orang makan apa saja secara membabi buta tanpa memperhatikan kandungannya. Apakah protein, lemak, dan karbohidrat yang Anda konsumsi dalam posisi seimbang setiap hari? Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan polanya.

Saat sarapan, makan siang, dan makan malam perhatikan kompisisinya. Selain memperhatikan pola makan, ada hal lain pula yang penting, yakni pola tidur. Dengan tidur di waktu yang tepat, Anda membantu sel-sel di dalam tubuh Anda beregenerasi tenang. Sel-sel dalam tubuh melakukan tugas regenerasi mulai jam sepuluh malam sampai dini hari, kurang lebih jam 2 pagi. Setelah itu, sel-sel tubuh sudah mendapatkan kembali energi sehingga siap dipergunakan untuk kembali beraktivitas. Namun, perlu diperhatikan juga, bahwa sebenarnya sel-sel tubuh yang telah mendapatkan energinya ini perlu untuk dipersiapkan selama beberapa jam. Idealnya 2-4 jam sel-sel baru benar-benar tepat digunakan untuk beraktivitas.

Jika Anda masih beraktivitas keras di jam-jam tersebut, sel-sel di dalam tubuh Anda tidak dapat melakukan regenerasi secara maksimal. Bisa jadi, proses tersebut malah terganggu dan menyebabkan beberapa penyakit. Pegal-pegal merupakan tanda awal bahwa sel-sel tubuh Anda tidak sempat melakukan regenerasi sel dengan tepat.

Meskipun tidak semua orang bisa menjalani pola delapan jam istirahat tersebut, penting untuk memperhatikan pola empat jam di awal, yakni saat-saat di mana tubuh harus beristirahat supaya sel-sel otak dan tubuh Anda dapat dipersiapkan untuk beraktivitas.

Selamat memperbaiki pola makan dan tidur Anda yang kurang baik! Sebagai saran, makanlah apel, asparagus, daging sapi, blueberry, strawberry, cokelat hitam, ikan salmon, semua biji-bijian dan yogurt untuk sel-sel tubuh Anda. Jangan lupa untuk banyak-banyak minum air putih ya!

Post a Comment for "Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Saat Tidur?"